CEK PERMUKAAN DENGAN TELITI

Cara kerja suspensi mobil
Perhatikan seluruh permukaan peredam kejut, apakah terdapat sejumlah titik cacat yang bisa saja hasil pengelasan. Biasanya bekas titik pengelasan guna perbaikan bagian dalamnya kemudian dihaluskan dengan gerinda sebelum kembali dicat.
TELITI PERMUKAAN CAT

Harus teliti boss...
CIUM DAN RASAKAN BAUNYA

vespa-shockabsorber-p200e
PERHATIKAN RELIEF HURUF / KODE
Perhatikan cetakan relief huruf, merek atau kode pada bodi shockbreaker. Untuk peredam bekas, kode atau merek pasti tak tertutup lapisan cat baru. Lalu, cermati pula stikernya. Peredam baru stikernya tidak buram, tidak pula kusut dan harus melekat sempurna.
PERHATIKAN LUBANG BAUT

Perhatikan lubang baut
PERHATIKAN BATANG SHOCK
Selanjutnya periksalah batang tengah shockbreaker. Pastikan tidak ada goresan, jika nampak sejumlah luka berarti sokbeker itu sudah sering naik-turun menahan beban atau dengan kata lain sudah pernah digunakan.
PERHATIKAN ULIRNYA

Perhatikan Ulirnya
PERHATIKAN WARNA BATANGNYA
Cek warna batang shockbreaker. Jika tampak kebiruan, itu disebabkan panas akibat gesekan ‘naik-turun’ antara batang dan seal shockbreaker. Sehingga batang tak lagi tampak mengkilat.
CEK KERJA SHOCK
Tarik dan tekan batang shockbreaker. Pastikan jalannya batang tidak tersendat-sendat. Karena jika terjadi sendatan itu berarti ada udara di dalamnya. Dan, kalau itu terjadi, maka hanya ada dua kemungkinan, sokbeker bekas atau peredam rusak. Sementara, pada batang tengah tak boleh ada goresan atau gerus tipis. Jika Anda menemui tanda-tanda ini, berarti batang tersebut telah berkali-kali ‘naik-turun’ alias sudah pernah terpakai
BEDAKAN JENIS SHOCK, Double Atau Single Action

BEDAKAN JENIS SHOCK, Gas atau Oli
Cara yang sama dengan yang di atas, bisa dilakukan untuk membedakan shockbreaker berisi oli atau gas. Peganglah shockbreaker tersebut sampai habis (panjang minimum), kemudian lepaskan. Jika shockbreaker memanjang lagi, berarti itu shockbreaker tipe gas. Tapi bila tidak, itu adalah berjenis oli.
HARGA
Yang terakhir, curigai masalah harganya. Jika bisa ditawar terlalu ‘anjlok’, maka bisa jadi itu adalah barang ‘beru’. Biasanya shockbreaker ‘beru’ tersebut malah banyak tersedia di toko khusus shockbreaker. Sebab, mereka punya bengkel dan peralatan sendiri. Sehingga, jika konsumen kembali ke toko karena shockbreaker yang baru dibelinya bermasalah, mereka bisa langsung bisa mengatasinya. Agar tetap nyaman dan aman, shockbreaker yang sudah tak berfungsi harus segera diganti. Penggantian tak selalu didasarkan pada faktor masa pakai kendaraan saja. Tapi bisa saja terindikasi dari kondisi ban. Jika ban mengalami kebotakan yang tak merata, maka mungkin shockbreaker sudah tak berfungsi lagi.
Itulah beberapa Tips memilih Shockbreaker, semoga bermanfaat untuk sobat-sobat..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar