Minggu, 06 November 2011

Pertanyaan2 Seputar Perawatan Spooring & Balancing

Apa itu wheel alignment/ spooring?

Wheel alignment/ spooring adalah proses untuk mengembalikan sudut2 kaki2 mobil, yang sudah tidak beraturan lage, kembali ke setelan standard pabrik/ default, atau sesuai dengan yang diinginkan oleh pemilik mobil.

Kapan wheel alignment/ spooring harus dilakukan?


Mengingat kondisi jalanan ibukota kita ini hampir seluruhnya nggak semulus dada cewek cungkuo atau artis bokep import..., wheel alignment/ spooring amat disarankan dilakukan setiap 1 bulan sekali ( jika mobil dipakai setiap hari ) dan pada saat :

1. Setelah pergantian parts kaki2 mobil seperti suspensi, per, tie dan long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll.

2. Setelah melakukan pergantian velg, baik dari diameter standard ke diameter yang lebih besar maupun sebaliknya.

3. Jika mobil sering dipakai kebut2an atau menikung dengan kecepatan tinggi.

4. Jika mobil sering membawa beban berlebihan dari kapasitas maksimum mobil ( seperti penumpang ataupun barang/ sound system ).

5. Jika mobil ente mengaplikasikan sudut chamber yang besar.

6. Jika mobil sering ente serudukin ke jalanan berlobang seukuran lebih jumbo darepada lobang janda ato bekas tambalan jalan yang sudut nya gak serata PALKON...

Jika handling mobil masih terasa baik2 saja, apakah kita gak perlu rutin melakukan wheel alignment/ spooring?

Ente pikir jika mobil ente kendarai setiap hare dan handling nya baik2 aja, itu berarti jaminan 100% kondisi parts kaki2 boil ente sehat2 aja? Maap, ente salah besar, kang. Pernah dengar istilah “ Mencegah jauh lebih baik darepada mengobati? “. nah, jika ada salah 1 komponen parts kaki2 mobil ente yang sudah tewas, tapi belum terasa pada handling mobil ente, mau tunggu sampai semua komponen parts kaki2 mobil ente tewas dolo semuanya?

Apa akibat jika lalai melakukan wheel alignment/ spooring secara rutin biarpun handling mobil ente masih terasa baik2 saja?

1. Ente jadi bahan sumpah serapahan pengemudi lain dibelakang mobil ente dan ente pusing mencari bantuan.

Contoh : Saat ente mengendarai boil ente pada kecepatan rendah, karena ente lalai melakukan general check up/ wheel alignment kaki2 mobil ente secara rutin, tiba2 dudukan shock mobil ente goyang. Imbas selanjutnya tie rod dan long tie rod mobil ente jadi ikut goyang dan membuat pegangan nya tidak kuat kepada batang as setir. Kemudian berlanjut kepada bearing/ laher roda ente jadi godek, dan velg ente mulai goyang ngebor. Saat velg ente goyang ngebor perlahan tapi pasti, baut2 velg ente gak kuat lage memegang velg mobil ente, dan as roda mobil ente mulai gak stabil akibat goyangan ngebor velg ente. 

Nah, tiba2 mobil ente nyunsep di jalan, dan ente ngeliat VELG MOBIL ENTE GELINDING SENDIRI DAN SUSPENSI MOBIL ENTE PATAH. 

Kalau sudah kejadian kayak gini, ente mao jawab apa lage ama ane...

2. Nyawa ente melayang konyol.

Ini buat ente yang doyan ngebut. Anggap saja kejadian nya sama seperti di point 1 diatas, Cuma kejadian nya pas kecepatan sedang atau tinggi. Pertanyaan ane : PERNAH LIAT MOBIL SALTO DI UDARA TERUS JUNGKIR BALIK DI JALANAN? GIMANA KALAU KEJADIAN ITU TERJADI AMA MOBIL ENTE, KANG...atau mao nunggu dolo sampai ente ngalamin langsung...

3. Mobil ente minta kenaikan uang jajan

Saat ente ngecek kondisi kaki2 boil ente di bengkel, tiba2 terdeteksi bahwa tie rod mobil ente uda tewas. Anggap saja harga tie rod mobil ente 300 rb. Tapi ente nunda ganti dolo dengan alasan lage gak ada duit. Tapiiiiiiiiiii...Bego nya ente, uda tao tie rod mobil ente uda tewas, masih aja dipake jalan tiap hare, bukan nya dikandangin dolo. Pas sebulan kemudian, ente coba bawa ke bengkel lage, jangan kaget kalo daftar parts kaki2 boil ente yang uda tewas bertambah lage kawan2nya dari tie rod, long tie rod, bushing, bearing/ laher roda, dll, yang mengakibatkan tagihannya naek dari 300 ribu menjadi 3 juta, belom termasuk ongkos perbaikannya lage. Jadi, itu yang ente mao, kang....

Apa itu wheel balancing?

Wheel balancing adalah proses untuk mencari titik berat utama velg ente kembali ke titik yang ideal, setelah berubah akibat benturan yang diterima oleh velg dan ban, saat melewati kondisi jalanan yang rusak/ tidak rata.

Apa gunanya wheel balancing?

Wheel balancing berguna untuk meratakan jumlah putaran/ rotasi velg dan ban mobil ente di sisi kiri dan kanan, agar handling menjadi sama rata antara bagian sisi kiri dan kanan mobil ente. Selain itu, berguna untuk menjaga agar bagian alur grip ban mobil ente sama rata habis nya. wheel balancing hasilnya akan lebih maksimal, jika kondisi alur grip ban mobil ente sama di setiap sisi nya, agar tidak terjadi kepincangan. Karena perbedaan 1/ 1000 mm saja pada kondisi alur grip ban mobil ente tidak sama rata, maka hasil balancingnya akan kurang maksimal antara sisi kiri dan kanan mobil ente. Solusinya? Gantilah dengan ban baru....

Apa akibat jika lalai rutin melakukan wheel balancing?

Satu hal yang pasti, velg ente akan terasa bergetar akibat sudah tidak seimbangnya rasio putaran velg dan ban mobil ente antara dibagian sebelah kiri dan kanan. Selain itu berimbas kepada umur pakai ban mobil ente akan jauh lebih pendek.

Kenapa saat setelah selesai melakukan wheel alignment/ spooring, ada saja setir rasanya masih kurang lurus sehingga harus bolak balik menyetting ulang, padahal sudah menggunakan alat spooring yang canggih?

Begini, alat wheel alignment/ spooring canggih, salah 1 gunanya hanya untuk MENDETEKSI perubahan2 sudut main kaki2 mobil ente aja, kang. Bukan Jaminan 100% kalau setir mobil ente langsung lurus. Karena penyetelan untuk meluruskan setir, berada pada Long tie rod dan itu memerlukan penyetelan dengan Feeling mekanik itu sendiri, namun si alat wheel alignment/ spooring ini membantu menunjukkan seberapa jauh pelencengan sudut miring setirnya pada layar display.

Mendapatkan sudut setir yang lurus itu susah2 gampang. Kadangkala kita bisa hoki sekali setel langsung dapat sudut setir nya. kadang juga harus berkali kali trial and error. Anggap saja mencari sudut setir yang lurus itu seperti mencari settingan turbo ( bagi penggemar kecepatan ) atau settingan audio ( bagi penggemar audio ), yang butuh bolak balik trial and error dalam proses mencari settingan yang ideal nya.

Beberapa pelanggan setia ane, sering SALAH PAHAM akan hal ini, sehingga mereka menulis complaint kekecewaan akan hal ini di thread ane. Ya memang mereka gak salah sih, dan ane juga tetap dengan sabar untuk menjelaskannya kepada mereka. Cuma SAYANGNYA, setelah sudah mendapat penjelasan dan yang bersangkutan sudah merasa jelas, dan setir mobil nya sudah di tangani oleh rekan mekanik ane dan hasilnya sudah ok, yang bersangkutan LUPA untuk mengoreksi tulisannya pada thread yang pernah dia tulis sebelonnya, sehingga mengakibatkan SALAH PAHAM pada Modcomers laennya, yang membaca thread ane ini.

Beberapa hal yang ane pernah temui yang mengakibatkan susahnya mendapat setelan setir lurus diantaranya :

1. Kondisi part kaki2 mobil ( misal komponen sebelah kanan masih sehat, yang sebelah kiri uda ½ sehat ), tapi masih dalam batas toleransi untuk proses wheel alignment/ spooring.

2. Kondisi jalanan yang sering dilalui oleh pelanggan ane ( misal sudut jalanan yang miring sebelah )

3. Kondisi struktur chassis mobil, yang terlahir cacat produksi dari pabrikannya ( ini dari pengalaman salah satu rekan mekanik ane, yang pernah bekerja di bengkel resmi pusat suatu merk mobil di indo )

4. Kondisi struktur chassis mobil bekas serempetan/ tabrakan, yang setelah diperbaiki, masih ada pelencengan 1/ 1000 mm dari sudut chassis lurus orisinil pabrikan nya.

Seperti apa contoh2 hasil jika ente tetap membandel kalo dinasehatin ama ane...

Mangga ketik nick ane di search page, dan cari thread ane yang berjudul “ Kebiasaan buruk pengendara mobil di indo “. Disitu ane ada sharing pengalaman beberapa pelanggan2 setia ane sebelonnya, yang bandel kalo ane bilangin berikut nasep2nya ( true story lhoooooooo, ama orang2nya mase idup ampe saat ini, kang )...

Mangga juga search thread ane yang berjudul “ Kelalaian perawatan kaki2 mobil yang sering dianggap remeh oleh pengendara mobil di indo “ dan “ Beberapa akibat kelalaian perawatan kaki2 mobil “. Cobalah simak seluruh point tulisan2 ane disitu dan jangan tunda lebih lama lage untuk mengecek kondisi kaki2 mobil ente demi kebaikan ente sendiri. semoga bisa menambah pengetahuan ente mengenai penting nya perawatan rutin kaki2 mobil. Matur nuwun pisan semuanya...

1 komentar:

  1. Asslmulaikum Om,
    Saya punya suzuki jimny thn 83 baru direstorasi ulang, saya ingin bertanya kenapa kalau sedang melaju trs terkena jalan berlubang atau bergelombang roda depan kiri kanan goyang jadi terasa sampai di dlm kabin, setelah berhenti sesaat dan melaju lagi biasa kembali ?, jd setiap ada lubang dan jalan bergelombang saja roda depan goyang tp di jalan mulus dan rata tidak. Sama satu lg om jikalau di rem selagi melaju stir otomatis langsung banting ke kanan?
    Apakah itu tie rod & l tie rod sudah rusak?
    Kira2 memakan biaya berapa ya om?
    Mohon Bantuannya om terimakasih.

    BalasHapus